about you

Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Desember 2018

PERAN FLATFROM PANTAU GAMBUT DALAM MERESTORASI LAHAN GAMBUT DI INDONESIA. Oleh: Arrenda Giovanni( 522016010).


Hallo temen-temen hari ini saya akan menulis tentang peran Flatfrom Pantau Gambut dalam membangu merestorasi lahan gambut di indonesia. Saya berharap temen temen bisa memahami artikel yang saya buat ini dan kalian akan perduli sama lahan gambut disekitar kita. Selamat memahami dan selamat membaca temen-temen semoga apa yang kalian dapatkan berguna untuk masa depan yang cerah bagaikan air yang mengalir didalam senja begitulah awan hitam mulai terbentuk untuk mengisi hari-hari mu lebih berarti.


PERAN FLATFROM PANTAU GAMBUT DALAM MERESTORASI LAHAN GAMBUT DI INDONESIA.
Oleh: Arrenda Giovanni( 522016010).





LAHAN GAMBUT - sebuah ekosistem alami yang penting dan bernilai tinggi karena fungsinya dalam keanekaragaman hayati, pengaturan iklim, penyimpan dan penyedian air, dan tempat bergantungnya kehidupan bagi jutaan penduduk bumi. Hanya saja lahan gambut juga dinilai sebagai penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK), seperti karbon dioksida (CO2), metan (CH4), dan dinitro oksida (N2O) yang berdampak pada perubahan iklim dan pemanasan global. Tanah gambut tropis mempunyai kandungan mineral yang rendah dengan kandungan bahan organik lebih dari 90%. Secara kimiawi gambut bereaksi masam (pH di bawah 4) (Andriesse, 1988). Gambut dangkal pH lebih tinggi (4,0-5,1), gambut dalam (3,1-3,9). Kandungan N total tinggi tetapi tidak tersedia bagi tanaman karena rasio C/N yang tinggi. Kandungan unsur mikro khususnya Cu, B dan Zn sangat rendah ( Subagyo et al, 1996).
Restorasi gambut bertujuan untuk mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut dan sejahterakan masyarakat. Upaya restorasi gambut dilakukan melalui tiga pendekatan, yaitu pembasahan, penanaman ulang, dan meravitalisasi sumber mata pencaharian masyarakat setempat. Restorasi gambut adalah proses panjang untuk mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terkena dampak dari lahan gambut yang terdegradasi. Restorasi ekosistem gambut dilakukan dengan menjaga kandungan air di dalamnya. Oleh sebab itu, Badan Restorasi Gambut (BRG) mengupayakan restorasi melalui pendekatan 3R: rewetting atau pembasahan gambut, revegetasi atau penanaman ulang, serta revitalisasi sumber mata pencaharian. Pengertian restorasi gambut sendiri yaitu, proses panjang untuk mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terkena dampak dari menyusutnya lahan gambut. (Setiadi, 2006)
Oleh karena itu Pantau Gambut adalah wadah atau platform daring yang menyediakan akses terhadap informasi mengenai perkembangan kegiatan dan komitmen restorasi ekosistem gambut yang dilakukan oleh segenap pemangku kepentingan di Indonesia. Pantau Gambut juga bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan gambut dalam konteks perlindungan lingkungan hidup, pengurangan emisi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan menggabungkan teknologi, data terbuka, dan jaringan masyarakat, masyarakat dapat memantau komitmen restorasi lahan gambut yang dilakukan oleh pemerintah, organisasi masyarakat sipil, serta pelaku usaha. Melalui analisis perkembangan serta kendala realisasi komitmen pelaku restorasi, diharapkan dapat tercipta gagasan yang dapat mendukung target restorasi gambut di tingkat nasional.
Artikel Ini lebih lengkapnya dapat temen-temen baca lebih banyak lagi di link ada Disini ya....

Author: Arrenda Giovanni 522016010

0 komentar:

Posting Komentar

ALASANKU MEMILIH TOPIK INI-Destamia Melinda Sari-522016017

 Memilih topik itu suatu yang susah-susah gampang. Kenapa aku memilih topik ini karena

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More